Perangkat Pembelajaran

SILABUS
 SILABUS SENI BUDAYA SMK 


NAMA SEKOLAH                  : KARYA NUGRAHA BOYOLALI
MATA PELAJARAN              :  Seni Budaya (SENI RUPA)
KELAS/SEMESTER             :  XI / 1
STANDAR KOMPETENSI   :  Mengapresiasi karya seni rupa
KODE KOMPETENSI          :  1.
ALOKASI WAKTU :  38 X 45 menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1     Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan

·    Gagasan dan teknik seni rupa terapan djelaskani berdasarkan sejarah perkembangan
·    Gagasan dan teknik seni rupa terapan diidentifikasi berdasarkan proses penciptaan
·    Komposisi warna dibuat berdasarkan corak dan teknik seni rupa modern
·    Periodisasi Seni Rupa
    Mancanegara
- Pra sejarah
- Klasik
- Moderen
·    Aliran –aliran seni rupa
·    Lingkaran warna, Harmoni warna, Kontras,Monokromatik dan Anologus



·    Menjelaskan seni rupa jaman prasejarah
·    Menjelaskan seni rupa jaman klasik
·    Menjelaskan seni rupa jaman moderen
·    Menjelaskan aliran aliran seni lukis
·    Menggambar  Lingkaran Warna
·    Membuat harmoni warna Kontras, Monokromatik dan Analogus
Tes tertulis
Tes lisan
Tes perbuatan
16
3(6)

Dharsono Sony Kartika (2004)Seni Modern,Rekayasa Sains Bandung
Dharsono Sony Kartika,Nanang Ganda perwira,(2004) Pengantar Estetika,Rekayasa Sains Bandung
Agus Sachari,Dr.Budaya Rupa,Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya.




KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.2.  Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara
·    Gagasan dan teknik seni rupa terapan dijelaskan  berdasarkan sejarah perkembangan seni rupa indonesia
·    Gagasan seni rupa terapan diapresiasi berdasarkan sejarah perkembangan seni rupa indonesia
·    Gmbar nirmana dibuat berdasarkan pertimbangan hasil identifikasi teknik dan corak

·    Periodisasi Seni Rupa Indonesia
Pra sejarah
Hindu dan Budha
Islam
· Periodisasi seni lukis indonesia
· Gambar nirmana

·          Menjelaskan seni rupa indonesia jaman Prasejarah
·          Menjelaskan seni rupa indonesia periode Hindu –Budha
·          Menjelaskan seni rupa indonesia periodeIslam
·          Menjelaskan periodisasi seni lukis indonesia
·          Membuat gambar Nirmana
Tertulis
Praktek
16
3(6)

Yudoseputro Wiyoso,1986 Pengantar Seni Rupa Islam Indonesia,Angkasa Bandung
 Soekmono, 1981, $Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia, jilid 1,2,3, Kanisius, Jogjakarta

SILABUS
NAMA SEKOLAH                  :   KARYA NUGRAHA BOYOLALI
MATA PELAJARAN              :   Seni Budaya (SENI RUPA)
KELAS/SEMESTER             :   XI /2
STANDAR KOMPETENSI   :   Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni rupa
KODE KOMPETENSI          :   2.
ALOKASI WAKTU :   16 x 45 menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
2.1     Mendiskusikan karya seni rupa terapan yang memanfaatkan berbagai teknik dan corak




·    Karya seni rupa terapan dalam berbagai teknik dan corak dijelaskan berdasarkan prinsip, azas,fungsi dan unsurseni rupa
·    Gambar desain dibuat berdasarkan pertimbangan prinsip,azas dan fungsi seni rupa
·    Prinsip-prinsip seni rupa
·    Unsur-unsur seni rupa
·    Azas seni rupa
·    Fungsi seni rupa
·    Gambar desain
·          Menjelaskan prinsip prinsip seni rupa meliputi paduan harmoni, kontras, irama, dan gradasi
·          Menjelaskan unsur unsur seni rupa meliputi garis tekstur, warna dan ruang
·          Menjelaskan azas seni rupa meliputi kesatuan, keseimbangan, kesederhanaan,aksentuasi dan proporsi
         
·          Menjelaskan fungsi seni rupa meliputi fungsi pakai dan terapan
·          Gambar desain seni terapan
Lisan
Tertulis
Praktek
8




















KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
2.2     Melaporkan pengamatan terhadap karya seni rupa terapan yang memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara




·    Pengamatan terhadap seni rupa terapan dan dilaporkan berdasarkan pemanfaatan teknik dan corak wilayah nusantara
·    Gambardesain dibuat berdasarkan pertimbangan pemanfaatan teknik dan corak wilayah nusantara
·    Macam macam teknik dan corak seni rupa  terapan
·    Kunjungan pameran   seni rupa
·    Gambar ornamen


·          Menjelaskan macam macam teknik  dan corak seni rupa terapan di indonesisa
·          Mengamati karya seni di pameran
·          Membuat laporan hasil pengamatan
·          Menggambar ornamen dengan menggunakan motif daerah
Tertulis
Praktek
8





SILABUS
NAMA SEKOLAH                  :  KARYA NUGRAHA BOYOLALI
MATA PELAJARAN              :  Seni Budaya ( SENI MUSIK)
KELAS/SEMESTER             :  XII / 1
STANDAR KOMPETENSI   :  Mengapresiasi karya seni musik
KODE KOMPETENSI          : 1.
ALOKASI WAKTU :  38 X 45 menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1     Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik

·    Fungsi musik dijelaskan berdasarkan latar belakang sejarah perkembangannya










·    Fungsi musik dibedakan berdasarkan pada tujuan pementasannya




·    Musik dijelaskan manfaatnya dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
·      Fungsi musik dari zaman purba hingga modern












·       Tujuan pementasan  musik





·       Manfaat musik dalam kehidupan sehari-hari


·      Menjelaskan fungsi musik zaman Prasejarah
·      Menjelaskan fungsi musik zaman klasik
·      Memutarkan contoh rekaman musik pada zaman klasik dan latar belakang penciptaanya
·      Menjelaskan fungsi musik zaman modern
·      Memutarkan rekaman musik pada zaman modern dan latar belakang penciptaanya

·      Menjelaskan tujuan pementasan musik sebagai hiburan, bisnis, dan amal
·      Memutarkan contoh-contoh rekaman pementasan musik sesuai dengan tujuannya.

·      Manfaat musik dalam perkembangan kecerdasan emosional
·      Menjelaskan musik sebagai terapi
·      Memutarkan rekaman musik karya Mozart dan mengalisis lompatan-lompatan melodi yang berpengaruh pada kecerdasan manusia.
Tes tertulis
Tes lisan
Tes praktek
16
3(6)

Banu, Pono. (1994), Kamus Musik, Kanisius, Yogyakarta.

Mack, Dieter. (1995), Sejarah Musik, PML, Yogyakarta.


Rekaman musik audio/audio visual : Klasik, Modern.

Rekaman musik: hiburan, bisnis, dan amal.

Koran, majalah, media elektronik, dll.





KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.2     Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik
·     Musikalitas dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya.









·     Unsur-unsur musik ditirukan berdasarkan ritme dan melodi yang terdapat pada suatu lagu.






·     Nilai-nilai musikal diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan jenis musiknya.
·      Unsur-unsur musik











·      Menirukan unsur-unsur musik yang terdapat pada suatu lagu







·      Penerapan nilai-nilai musikal dalam kehidupan sehari-hari
·      Menjelaskan unsur unsur musik terdiri dari ritme dan nada
·      Memutarkan salah satu jenis musik dan diidentifikasi unsur-unsurnya
·      Mengidentifikasi ketukan dan tanda birama pada suatu lagu


·      Mendengarkan lagu dan menganalisis unsur-unsur musiknya
·      Menirukan ritme
·      Menirukan melodi
·      Menganalisis bentuk musik



·      Menjelaskan manfaat musik dalam kehidupan sehari-hari
·      Melihat pertunjukan musik atau memutar rekaman pertunjukan musik dan mengamati pentingnya kerjasama antar pemain dan sikap saling menghormati yang ditunjukkan dalam permainanan musiknya.
Tes tertulis
Tes lisan
Praktek

16
3(6)

Banu, Pono. (1994), Kamus Musik, Kanisius, Yogyakarta.
Mack, Dieter. (1995), Sejarah Musik, PML, Yogyakarta.
Rekaman musik audio/audio visual : Klasik, Modern.
Rekaman musik: hiburan, bisnis, dan amal.
Koran, majalah, media elektronik, dll








SILABUS
NAMA SEKOLAH                  :  KARYA NUGRAHA BOYOLALI
MATA PELAJARAN              :  Seni Budaya ( SENI MUSIK)
KELAS/SEMESTER             :  XII / 2
STANDAR KOMPETENSI   :  Mengapresiasi karya seni musik
KODE KOMPETENSI          : 1.
ALOKASI WAKTU :  24 X 45 menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
2.1.   Memainkan musik

·    Musik dimainkan dengan mengggunakan vokal dan alat yang ada disekitarnya secara individual maupun kelompok
·    Musik dimainkan dengan menggunakan prinsip kebersamaan dan sikap saling menghormati antar pemainnya.
·    Musik dimainkan dengan penghayatan sesuai dengan makna yang terdapat pada syair lagu.
·       Praktek bermain musik/vokal:
-   Individual
-   Kelompok (unisono, paduan suara)

·       Mendengarkan lagu yang baru populer atau lagu-lagu standar yang dikenal siswa dalam berbagai jenis irama (pop, rock, dangdut, jazz, dll.).
·       Menirukan lagu dengan minus one atau diiringi dengan alat musik secara individu atau kelompok.
·       Menyanyikan lagu yang sudah diaransemen secara sederhana dalam bentuk paduan suara atau vocal group
·       Menganalisis harmonisasi yang terdapat pada melodi maupun iringan
·       Menjelaskan teknik sederhana dan mudah dalam menyanyi atau bermain musik yang dikuasai siswa.
·       Memainkan musik/menyanyi secara individu atau kelompok dengan mempertimbangkan ekspresi (penghayatan) sesuai makna lagu yang terdapat pada syair.

Lisan
Praktek
12


Banu, Pono. (1994), Kamus Musik, Kanisius, Yogyakarta.
Mack, Dieter. (1995), Sejarah Musik, PML, Yogyakarta.
Rekaman musik audio/audio visual : Klasik, Modern.
Rekaman musik: hiburan, bisnis, dan amal.
Koran, majalah, media elektronik, dll
Contoh beberapa hasil aransemen musik







KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
2.2.   Mendiskusikan persiapan pertunjukan musik yang diselenggarakan di sekolah

·    Persiapan pertunjukan musik di sekolah didiskusikan berdasarkan jenis lagu dan waktu yang diperlukan untuk pementasan.




·    Persiapan pertunjukan musik didiskusikan manajemen pementasannya







·    Persiapan pertunjukan musik didiskusikan manfaatnya bagi siswa dalam kaitannya dengan kerjasama dan nilai-nilai sosial.





·    Persiapan pertunjukan musik disusun berdasarkan tujuan, urutan lagu, dan waktu yang dibutuhkan.
·        Menyusun urutan lagu dan waktu dalam pementasan.







·        Manajemen pementasan musik di sekolah








·          Manfaat bermain musik secara kelompok










·          Penyusunan persiapan pertunjukan musik di sekolah









·          Menjelaskan pengertian pertunjukan musik
·          Memutar rekaman pementasan musik
·          Mendiskusikan urutan lagu yang dipentaskan
·          Mendiskusikan durasi waktu yang ideal untuk pementasan musik

·          Menjelaskan pengertian manajemen pementasan dengan prinsip POAC
·          Membuat contoh rencana pementasan musik di sekolah dengan mempertimbangkan jenis lagu, urutan, dan durasi waktunya.

·          Menjelaskan pengertian bermain musik kelompok (bersama)
·          Menjelaskan jenis-jenis permainan musik kelompok
·          Memutar beberapa contoh permainan musik secara kelompok


·       Menganalis beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bermain musik bersama

·       Mendiskusikan manfaat bermain musik bersama
·       Menjelaskan cara menyusun persiapan pertunjukan musik di sekolah
·       Menentukan kerangka rencana kegiatan terdiri: tujuan, urutan lagu, waktu yang dibutuhkan, dan nama-nama pemain yang mendukung acara pertunjukan

Lisan
Tertulis
Praktek
6


Banu, Pono. (1994), Kamus Musik, Kanisius, Yogyakarta.
Mack, Dieter. (1995), Sejarah Musik, PML, Yogyakarta.
Rekaman musik audio/audio visual : Klasik, Modern.
Rekaman musik: hiburan, bisnis, dan amal.
Koran, majalah, media elektronik, dll


Buku-buku Manajemen Seni Pertunjukan
2.3.   Mendiskusikan suatu pertunjukan musik
·    Pertunjukan musik didiskusikan berdasarkan unsur-unsur pendukungnya.








·    Pertunjukan musik didiskusikan faktor pendukung dn penghambatnya.












·    Pertunjukan musik didiskusikan manfaatnya bagi pemain dan penonton
·          Aspek-aspek pendukung pertunjukan musik









·          Faktor pendukung dan penghambat pertunjukan musik













·          Manfaat pertunjukan musik
·       Memutarkan rekaman suatu pertunjukan musik
·       Menjelaskan unsur-unsur pendukung pertunjukan musik
·       Mendiskusikan unsur-unsur pertunjukan musik

·       Mendiskusikan faktor pendukung pertunjukan musik
·       Mendiskusikan faktor penghambat pertunjukan musik
·       Mendiskusikan pemecahan masalah yang dihadapi dan tindakan antisipasi terjadinya hambatan dlam pertunjukan musik.

·       Menjelaskan manfaat pementasan musik bagi pemain dan penonton




·       Mendiskusikan manfaat pertunjukan musik bagi siswa 

Lisan
Tertulis
Praktek
6






Keterangan:
TM           : Tatap muka
PS            : Praktik di Sekolah (2 jam praktIk di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI             : Praktek di Industri (4 jam praktIk di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)