NAMA SEKOLAH : KARYA NUGRAHA BOYOLALI
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (SENI RUPA)
KELAS/SEMESTER : XI / 1
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
1.1 Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan | · Gagasan dan teknik seni rupa terapan djelaskani berdasarkan sejarah perkembangan · Gagasan dan teknik seni rupa terapan diidentifikasi berdasarkan proses penciptaan · Komposisi warna dibuat berdasarkan corak dan teknik seni rupa modern | · Periodisasi Seni Rupa Mancanegara - Pra sejarah - Klasik - Moderen · Aliran –aliran seni rupa · Lingkaran warna, Harmoni warna, Kontras,Monokromatik dan Anologus | · Menjelaskan seni rupa jaman prasejarah · Menjelaskan seni rupa jaman klasik · Menjelaskan seni rupa jaman moderen · Menjelaskan aliran aliran seni lukis · Menggambar Lingkaran Warna · Membuat harmoni warna Kontras, Monokromatik dan Analogus | Tes tertulis Tes lisan Tes perbuatan | 16 | 3(6) | | Dharsono Sony Kartika (2004)Seni Modern,Rekayasa Sains Bandung Dharsono Sony Kartika,Nanang Ganda perwira,(2004) Pengantar Estetika,Rekayasa Sains Bandung Agus Sachari,Dr.Budaya Rupa,Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya. |
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
1.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara | · Gagasan dan teknik seni rupa terapan dijelaskan berdasarkan sejarah perkembangan seni rupa indonesia · Gagasan seni rupa terapan diapresiasi berdasarkan sejarah perkembangan seni rupa indonesia · Gmbar nirmana dibuat berdasarkan pertimbangan hasil identifikasi teknik dan corak | · Periodisasi Seni Rupa Indonesia Pra sejarah Hindu dan Budha Islam · Periodisasi seni lukis indonesia · Gambar nirmana | · Menjelaskan seni rupa indonesia jaman Prasejarah · Menjelaskan seni rupa indonesia periode Hindu –Budha · Menjelaskan seni rupa indonesia periodeIslam · Menjelaskan periodisasi seni lukis indonesia · Membuat gambar Nirmana | Tertulis Praktek | 16 | 3(6) | | Yudoseputro Wiyoso,1986 Pengantar Seni Rupa Islam Indonesia,Angkasa Bandung Soekmono, 1981, $Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia, jilid 1,2,3, Kanisius, Jogjakarta |
NAMA SEKOLAH : KARYA NUGRAHA BOYOLALI
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (SENI RUPA)
KELAS/SEMESTER : XI /2
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
2.1 Mendiskusikan karya seni rupa terapan yang memanfaatkan berbagai teknik dan corak | · Karya seni rupa terapan dalam berbagai teknik dan corak dijelaskan berdasarkan prinsip, azas,fungsi dan unsurseni rupa · Gambar desain dibuat berdasarkan pertimbangan prinsip,azas dan fungsi seni rupa | · Prinsip-prinsip seni rupa · Unsur-unsur seni rupa · Azas seni rupa · Fungsi seni rupa · Gambar desain | · Menjelaskan prinsip prinsip seni rupa meliputi paduan harmoni, kontras, irama, dan gradasi · Menjelaskan unsur unsur seni rupa meliputi garis tekstur, warna dan ruang · Menjelaskan azas seni rupa meliputi kesatuan, keseimbangan, kesederhanaan,aksentuasi dan proporsi · Menjelaskan fungsi seni rupa meliputi fungsi pakai dan terapan · Gambar desain seni terapan | Lisan Tertulis Praktek | 8 | | | |
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
2.2 Melaporkan pengamatan terhadap karya seni rupa terapan yang memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara | · Pengamatan terhadap seni rupa terapan dan dilaporkan berdasarkan pemanfaatan teknik dan corak wilayah nusantara · Gambardesain dibuat berdasarkan pertimbangan pemanfaatan teknik dan corak wilayah nusantara | · Macam macam teknik dan corak seni rupa terapan · Kunjungan pameran seni rupa · Gambar ornamen | · Menjelaskan macam macam teknik dan corak seni rupa terapan di indonesisa · Mengamati karya seni di pameran · Membuat laporan hasil pengamatan · Menggambar ornamen dengan menggunakan motif daerah | Tertulis Praktek | 8 | | | |
NAMA SEKOLAH : KARYA NUGRAHA BOYOLALI
MATA PELAJARAN : Seni Budaya ( SENI MUSIK)
KELAS/SEMESTER : XII / 1
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
1.1 Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik | · Fungsi musik dijelaskan berdasarkan latar belakang sejarah perkembangannya · Fungsi musik dibedakan berdasarkan pada tujuan pementasannya · Musik dijelaskan manfaatnya dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari | · Fungsi musik dari zaman purba hingga modern · Tujuan pementasan musik · Manfaat musik dalam kehidupan sehari-hari | · Menjelaskan fungsi musik zaman Prasejarah · Menjelaskan fungsi musik zaman klasik · Memutarkan contoh rekaman musik pada zaman klasik dan latar belakang penciptaanya · Menjelaskan fungsi musik zaman modern · Memutarkan rekaman musik pada zaman modern dan latar belakang penciptaanya · Menjelaskan tujuan pementasan musik sebagai hiburan, bisnis, dan amal · Memutarkan contoh-contoh rekaman pementasan musik sesuai dengan tujuannya. · Manfaat musik dalam perkembangan kecerdasan emosional · Menjelaskan musik sebagai terapi · Memutarkan rekaman musik karya Mozart dan mengalisis lompatan-lompatan melodi yang berpengaruh pada kecerdasan manusia. | Tes tertulis Tes lisan Tes praktek | 16 | 3(6) | | Banu, Pono. (1994), Kamus Musik, Kanisius, Yogyakarta. Mack, Dieter. (1995), Sejarah Musik, PML, Yogyakarta. Rekaman musik audio/audio visual : Klasik, Modern. Rekaman musik: hiburan, bisnis, dan amal. Koran, majalah, media elektronik, dll. |
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
1.2 Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik | · Musikalitas dijelaskan berdasarkan unsur-unsurnya. · Unsur-unsur musik ditirukan berdasarkan ritme dan melodi yang terdapat pada suatu lagu. · Nilai-nilai musikal diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan jenis musiknya. | · Unsur-unsur musik · Menirukan unsur-unsur musik yang terdapat pada suatu lagu · Penerapan nilai-nilai musikal dalam kehidupan sehari-hari | · Menjelaskan unsur unsur musik terdiri dari ritme dan nada · Memutarkan salah satu jenis musik dan diidentifikasi unsur-unsurnya · Mengidentifikasi ketukan dan tanda birama pada suatu lagu · Mendengarkan lagu dan menganalisis unsur-unsur musiknya · Menirukan ritme · Menirukan melodi · Menganalisis bentuk musik · Menjelaskan manfaat musik dalam kehidupan sehari-hari · Melihat pertunjukan musik atau memutar rekaman pertunjukan musik dan mengamati pentingnya kerjasama antar pemain dan sikap saling menghormati yang ditunjukkan dalam permainanan musiknya. | Tes tertulis Tes lisan Praktek | 16 | 3(6) | | Banu, Pono. (1994), Kamus Musik, Kanisius, Yogyakarta. Mack, Dieter. (1995), Sejarah Musik, PML, Yogyakarta. Rekaman musik audio/audio visual : Klasik, Modern. Rekaman musik: hiburan, bisnis, dan amal. Koran, majalah, media elektronik, dll |
NAMA SEKOLAH : KARYA NUGRAHA BOYOLALI
MATA PELAJARAN : Seni Budaya ( SENI MUSIK)
KELAS/SEMESTER : XII / 2
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
2.1. Memainkan musik | · Musik dimainkan dengan mengggunakan vokal dan alat yang ada disekitarnya secara individual maupun kelompok · Musik dimainkan dengan menggunakan prinsip kebersamaan dan sikap saling menghormati antar pemainnya. · Musik dimainkan dengan penghayatan sesuai dengan makna yang terdapat pada syair lagu. | · Praktek bermain musik/vokal: - Individual - Kelompok (unisono, paduan suara) | · Mendengarkan lagu yang baru populer atau lagu-lagu standar yang dikenal siswa dalam berbagai jenis irama (pop, rock, dangdut, jazz, dll.). · Menirukan lagu dengan minus one atau diiringi dengan alat musik secara individu atau kelompok. · Menyanyikan lagu yang sudah diaransemen secara sederhana dalam bentuk paduan suara atau vocal group · Menganalisis harmonisasi yang terdapat pada melodi maupun iringan · Menjelaskan teknik sederhana dan mudah dalam menyanyi atau bermain musik yang dikuasai siswa. · Memainkan musik/menyanyi secara individu atau kelompok dengan mempertimbangkan ekspresi (penghayatan) sesuai makna lagu yang terdapat pada syair. | Lisan Praktek | 12 | | | Banu, Pono. (1994), Kamus Musik, Kanisius, Yogyakarta. Mack, Dieter. (1995), Sejarah Musik, PML, Yogyakarta. Rekaman musik audio/audio visual : Klasik, Modern. Rekaman musik: hiburan, bisnis, dan amal. Koran, majalah, media elektronik, dll Contoh beberapa hasil aransemen musik |
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | PS | PI | ||||||
2.2. Mendiskusikan persiapan pertunjukan musik yang diselenggarakan di sekolah | · Persiapan pertunjukan musik di sekolah didiskusikan berdasarkan jenis lagu dan waktu yang diperlukan untuk pementasan. · Persiapan pertunjukan musik didiskusikan manajemen pementasannya · Persiapan pertunjukan musik didiskusikan manfaatnya bagi siswa dalam kaitannya dengan kerjasama dan nilai-nilai sosial. · Persiapan pertunjukan musik disusun berdasarkan tujuan, urutan lagu, dan waktu yang dibutuhkan. | · Menyusun urutan lagu dan waktu dalam pementasan. · Manajemen pementasan musik di sekolah · Manfaat bermain musik secara kelompok · Penyusunan persiapan pertunjukan musik di sekolah | · Menjelaskan pengertian pertunjukan musik · Memutar rekaman pementasan musik · Mendiskusikan urutan lagu yang dipentaskan · Mendiskusikan durasi waktu yang ideal untuk pementasan musik · Menjelaskan pengertian manajemen pementasan dengan prinsip POAC · Membuat contoh rencana pementasan musik di sekolah dengan mempertimbangkan jenis lagu, urutan, dan durasi waktunya. · Menjelaskan pengertian bermain musik kelompok (bersama) · Menjelaskan jenis-jenis permainan musik kelompok · Memutar beberapa contoh permainan musik secara kelompok · Menganalis beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bermain musik bersama · Mendiskusikan manfaat bermain musik bersama · Menjelaskan cara menyusun persiapan pertunjukan musik di sekolah · Menentukan kerangka rencana kegiatan terdiri: tujuan, urutan lagu, waktu yang dibutuhkan, dan nama-nama pemain yang mendukung acara pertunjukan | Lisan Tertulis Praktek | 6 | | | Banu, Pono. (1994), Kamus Musik, Kanisius, Yogyakarta. Mack, Dieter. (1995), Sejarah Musik, PML, Yogyakarta. Rekaman musik audio/audio visual : Klasik, Modern. Rekaman musik: hiburan, bisnis, dan amal. Koran, majalah, media elektronik, dll Buku-buku Manajemen Seni Pertunjukan |
2.3. Mendiskusikan suatu pertunjukan musik | · Pertunjukan musik didiskusikan berdasarkan unsur-unsur pendukungnya. · Pertunjukan musik didiskusikan faktor pendukung dn penghambatnya. · Pertunjukan musik didiskusikan manfaatnya bagi pemain dan penonton | · Aspek-aspek pendukung pertunjukan musik · Faktor pendukung dan penghambat pertunjukan musik · Manfaat pertunjukan musik | · Memutarkan rekaman suatu pertunjukan musik · Menjelaskan unsur-unsur pendukung pertunjukan musik · Mendiskusikan unsur-unsur pertunjukan musik · Mendiskusikan faktor pendukung pertunjukan musik · Mendiskusikan faktor penghambat pertunjukan musik · Mendiskusikan pemecahan masalah yang dihadapi dan tindakan antisipasi terjadinya hambatan dlam pertunjukan musik. · Menjelaskan manfaat pementasan musik bagi pemain dan penonton · Mendiskusikan manfaat pertunjukan musik bagi siswa | Lisan Tertulis Praktek | 6 | | | |
Keterangan:
TM : Tatap muka
PS : Praktik di Sekolah (2 jam praktIk di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI : Praktek di Industri (4 jam praktIk di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)